oleh

Mau Mudik ke Sumbar? Ini 13 Lokasi Titik Rawan Kemacetan

-Metro-6 views

SALISMA.COM (SC), PADANG – Bagi anda yang bakal mudik menggunakan jalur darat menuju Sumatera Barat, kondisi ini mungkin akan sedikit membuat anda merasa bosan.

Dinas terkait mengumumkan, saat arus mudik dan arus balik nanti, ada belasan titik rawan macet akan menghadang pengendara selama arus mudik dan balik lebaran mendatang.

Setidak hasil pemetaan Dinas Perhubungan dan Kominfo Sumbar, terdapat 13 titik rawan macet. Titik-titik tersebut sesuai dengan evaluasi dari lebaran sebelumnya.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumbar Amran mengatakan, ada dua arah jalur kemacetan yang akan terjadi di Sumbar saat memasuki mudik lebaran di daerah itu. Arah Jalur itu arah utara dan selatan.

Dijelaskan, titik kemacetan arah utara mulai dari pasar Lubuk Alung, Pasar Sicincin, Objek Wisata Lembah Anai, RM Pak Datuak, Sate Mak Syukur, lanjut ke Pasar Koto Baru, Pasar Padang Luar, Pasar Baso hingga Simpang Piladang.

Sementara jalur arah selatan dimulai dari Simpang Gaung Teluk Bayur, di sepanjang ruas jalan Tarusan-Painan dan Pasar Kambang. “Peningkatan kemacetan diperkirakan pada H-3 lebaran, sama dengan puncak arus mudik,” Sebutnya.

Menurutnya, kemacetatan disebabkan keberadaan pasar tumpah yang memakan badan jalan sebagai lahan berjualan. Selain itu ketidaktersedian lokasi parkir di pasar tumpah tersebut ikut menyumbang kemacetan.