oleh

Tips Hadapi Pertanyaan Basa-Basi, Saat Lebaran

SALISMA.COM (SC), PEKANBARU – Lebaran sebentar lagi, keluarga besar berkumpul. waktu yang tepat untuk melepas kangen bersama keluarga. Saat berkumpul bersama keluarga seringkali muncul pertanyaan basa-basi, yang seringkali menimbulkan awkward moment.

Tidak hanya itu, pertanyaan tersebut juga seringkali membuat tidak nyaman dan bikin emosi. Tentu kamu tidak ingin momen silahturahmi kamu berantakan hanya karena pertanyaan basa-basi, dari salah satu saudara.

Daripada bingung, simak tips yang dilansir dari vemale berikut ini. Agar silahturahmi kamu berjalan lancar dan tidak emosi saat disodori pertanyaan basa-basi. Here We go!

  • Tetap Tenang

    Sudah duduk manis di acara keluarga, eh tiba-tiba salah satu saudara mendekati kamu dan menanyakan soal pasangan. Hmm, tidak perlu emosi meskipun kamu barus saja putus atau bahkan sudah lama jomblo. Tetap tenang, berikan senyum terbaik kamu. Jika perlu bilang saja kamu masih sendiri. Siapa tahu, saudara kamu ada calon yang direkomendasikan padamu.

  • Senyum Saja

    Memang menyebalkan dan mengundang emosi saat ditanya kapan menikah sementara kamu belum ada calon. Tidak perlu marah atau menjawab asal demi membalas sakit hati. Kamu cukup senyum saja. Setidaknya dengan tersenyum kamu dapat mengurangi emosi dan amarah kamu.

  • Minta Doa

    Mungkin ini jawaban yang klise. Tapi cukup singkat dan efektif untuk membuat si penanya berhenti mengorek masalah jodoh kamu. Saat tante, om atau sepupu bertanya kapan kamu menikah, jawab saja ‘doain ya.’

  • Menghindar

    Tidak semua saudara yang memiliki hobi kepo, jadi daripada sakit hati dan malas menjawab pertanyaan basa-basi, lebih baik kamu menghindar. Hindari saudara kamu tersebut, saat bertemu cukup bersalaman dan berlalu. Jangan memancing obrolan terlalu lama. Daripada menambah dosa dengan membenci, lebih baik menghindarinya bukan.

Jadikan momen lebaran sebagai waktu yang tepat untuk bersilahturahmi. Tidak perlu terpancing emosi saat menghadapi pertanyaan yang basa-basi dan seringkali membuat sakit hati. Keep smile, bukankah lebaran adalah momen untuk menyucikan diri? Selamat mencoba.