oleh

Ini Alasan Dishub Arus Mudik Jalur Darat Menurun

-Metro-9 views
SALISMA.COM (SC), PEKANBARU – Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Pekanbaru memprediksi adanya penurunan arus mudik lebaran 1437 H sekitar 5 persen jika dibandingkan dari tahun lalu untuk jalur darat.
Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Pekanbaru, Aripin Harahap, mengatakan bahwa penurunan arus mudik tahun ini disebabkan masa libur sekolah sudah berlangsung sejak awal puasa, ditambah dengan tahun ajaran baru yang berdekatan dengan lebaran Idul Fitri.
“Untuk sementara kita memperkirakan arus mudik tahun ini menurun lima persen karena dua alasan yang disebutkan itu, jadi masyarakat yang merantau di Pekanbaru mengurungkan niat untuk melakukan mudik lebaran. Mereka kita perkirakan lebih memprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan anak sekolah,” kata Aripin, Selasa (28/6/2016).
Sedangkan arus untuk arus mudik yang menggunakan jalur udara, lanjut Arifin, tahun ini justru semakin meningkat, begitu juga dengan arus mudik masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi.
Menurut Arifin, meski terjadi penurunan penumpang untuk jalur darat. Pihaknya secara umum sudah mempersiapkan seluruh armada angkutan lebaran baik jalur darat dan laut. Seperti tahun lalu sejumlah posko mudik juga akan didirikan Dishub Kota Pekanbaru seperti dipelabuhan Sungai Duku, terminal Bandaraya Payung Sekaki dan Bandara SSK II.
“Kami akan turun kelapangan meninjau kesiapan angkutan lebaran, semua daerah tujuan yang melalui jaur darat dimusim mudik tahun ini tersedia sebanyak 2.000 titik. Untuk memberikan rasa aman bagi pemudik selama diperjalanan, sebelum berangkat kondisi angkutan lebaran akan dicek terlebih dahulu, begitu juga dengan kondisi kesehatan para sopir,” sebutnya.