oleh

Kemenag Minta Kepastian Pasokan Listrik Untuk Tenda Jemaah Haji

-News-7 views

SALIMSA.COM (SC), JAKARTA -Kementerian Agama meminta Pemerintah Arab Saudi memastikan pasokan listrik untuk tenda jemaah haji asal Indonesia saat prosesi wukuf di Arafah.

Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Agama, mengatakan Pemerintah Indonesia akan memasang water fan di setiap tenda jemaah haji. Untuk itu, Pemerintah Arab Saudi harus memastikan pasokan listrik untuk tenda jemaah haji, dan memastikan tidak ada lagi pemadaman.

“Jaminan pasokan listrik di Arafah akan menjadi pendukung Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Indonesia yang akan memasang water fan di setiap tenda, untuk mengatasi suhu udara yang panas,” katanya dalam keterangan resmi, Selasa (28/60.

Lukman menuturkan kepastian pasokan listrik juga sangat penting untuk memastikan seluruh fasilitas klinik kesehatan haji di Arafah beroperasi dengan baik.

Menurutnya, Pemerintah Indonesia juga meminta izin pengadaan 15 unit ambulan kepada Menteri Haji Arab Saudi, sebagai pengganti kendaraan lama yang dioperasikan oleh tim kesehatan haji. Pengadaan ambulan baru itu juga sebagai salah satu bentuk peningkatan pelayanan dan perlindungan jemaah haji di Mekkah, Arafah, Mina, dan Madinah.

Pemerintah Arab Saudi sendiri fokus menyelesaikan persoalan percepatan visa calon jemaah haji asal Indonesia. Pasalnya, gelombang pertama jemaah haji asal Indonesia akan mendarat langsung di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz, Madinah.

“Ada beberapa hal penting yang saya sampaikan kepada Menteri Agama Arab Saudi terkait pelayanan dan persiapan penyelenggaraan haji tahun ini, terutama persoalan visa jemaah haji yang belum kelar karena kendala teknis,” ucapnya.

Menteri Agama Arab Saudi juga telah memberikan perhatian khusus terhadap persoalan visa tersebut, mengingat banyaknya jumlah jemaah haji asal Indonesia.