oleh

7 Lokasi di Indonesia yang Indah Saat Malam Hari

-Travel-39 views

SALISMA.COM (SC), JAKARTA – Ketika mengunjungi suatu tempat untuk berlibur, sebagian orang lebih suka berjalan-jalan dan mengeksplor sebuah destinasi pada siang hari. Selain dinilai lebih aman, kebanyakan objek wisata memang hanya buka pada siang hari.

Namun, ada beberapa tempat di Indonesia yang akan terlihat lebih cantik ketika dinikmati pada malam hari. Apa saja? Berikut ulasannya yang dikutip dari Skyscanner.

1. Bundaran HI, Jakarta
Pusat ibu kota Indonesia ini terkenal sebagai kota yang ramai dan macet, terutama pada siang hari. Belum lagi cuaca yang panas dan polusi, membuat orang enggan untuk mengelilingi kota Jakarta ketika siang hari. Namun saat malam, kerlap-kerlip lampu dari gedung-gedung dan mobil-mobil di jalan membuat Jakarta terlihat lebih cantik. Salah satu tempat terbaik untuk melihat keindahan Jakarta pada malam hari adalah melalui salah satu gedung pencakar langit di daerah Bundaran HI.

2. Jembatan Suramadu, Surabaya-Madura
Jembatan sepanjang 5.438 meter yang melintasi Selat Madura ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini. Tidak hanya sebagai penghubung, Jembatan Suramadu kini juga sudah menjadi objek wisata yang sering dikunjungi wisatawan, terutama pada malam hari, ketika lampu-lampu di sepanjang jembatan telah menyala.

3. Bukit Moko, Bandung
Di Bandung, terdapat Bukit Moko yang terletak di daerah Cimenyan yang bisa memberikan pemandangan indah. Dengan ketinggian sekitar 1442 meter di atas permukaan laut, Anda bisa melihat keseluruhan kota Bandung dari puncaknya. Coba datang menjelang malam dan lihat bagaimana pemandangan perkotaan dan hutan hijau berubah menjadi penuh cahaya. Malam Anda pun pasti akan menjadi lebih romantis.

4. Batu Night Spectacular, Batu, Malang
Menjadi salah satu tempat wisata kebanggaan kota Batu, Malang, Batu Night Spectacular hanya buka malam hari. Taman bermain yang baru buka pada pukul 4 sore ini memiliki beragam permainan yang bisa menjadikan malam yang gelap menjadi lebih meriah lewat beragam wahananya. Hal yang tidak boleh dilewatkan adalah Lampion Garden yang memiliki banyak lampion cantik dengan berbagai bentuk.

5. Jembatan Ampera, Palembang
Jembatan Ampera yang telah menjadi ikon kota Palembang sejak tahun 1965 ini merupakan jembatan yang menghubungkan Seberang Ulu dan Seberang Ilir kota Palembang yang dipisahkan oleh Sungai Musi. Selain membantu mempercepat proses penyebrangan dari ulu ke ilir, Jembatan Ampera telah menjadi tempat yang wajib dikunjungi setiap wisatawan yang datang ke kota pempek ini, terutama pada malam hari ketika lampu-lampu di sepanjang jembatan telah dinyalakan.

6. Alun-Alun Kidul, Yogyakarta
Alun-Alun Kidul merupakan salah satu tempat yang paling sering dikunjungi turis ketika mereka berlibur ke Yogyakarta. Pada siang hari, Alun-Alun Kidul hanyalah sebuah alun-alun biasa yang tidak terlalu ramai. Namun pada malam hari, Alun-Alun Kidul dipenuhi oleh pengunjung yang ingin menghabiskan malam dengan bermain atau sekadar bercengkerama. Selain itu, yang menjadi ciri khas Alun-Alun Kidul pada malam hari adalah cahaya warna-warni dari odong-odong yang bisa Anda sewa untuk berkeliling alun-alun.

7. Kawah Ijen, Banyuwangi-Bondowoso
Terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Kawah Ijen adalah salah satu obyek wisata kebanggaan Jawa Timur. Pada siang hari, Kawah Ijen hanya terlihat sebagai danau belerang berwarna hijau kebiruan. Namun, sekitar pukul 5 pagi, terutama di bulan Juli hingga September, Anda bisa melihat fenomena Blue Fire atau Api Biru yang muncul dari tengah-tengah kawah. Fenomena yang hanya bisa ditemukan di Indonesia dan negara-negara Skandinavia ini memang begitu indah, sehingga tidak boleh Anda lewatkan. (SINDO NEWS.com)