oleh

Pogba Bikin MU Untung Rp556 M per Tahun

-Olahraga-12 views

SALISMA.COM (SC), JAKARTA – Kesepakatan pembagian keuntungan hak citra antara Paul Pogba dan Manchester United diprediksi bisa membuat kesebelasan yang bermarkas di Stadion Old Trafford tersebut bisa mendapatkan pemasukan hingga €38 juta per tahun, atau setara Rp556 Miliar.

Nilai hak citra Pogba diperkirakan bisa mencapai €45 juta per tahun.

Menurut media Perancis L’Equipe, seperti dikutip dari AS, Pogba memberikan 80 persen hak citranya kepada Manchester United. Hal ini berarti Pogba hanya akan mendapatkan €7 juta per tahun. Nilai ini di luar gaji yang ia terima sebesar €13 juta per tahun.

Bagi klub, memegang hak citra pemain berarti penting. Sebagaimana dijelaskan pengacara hukum olahraga Daniel Geey, hak citra bisa digunakan untuk mengeksploitasi kontrak komersial dengan menggunakan berbagai hal, mulai dari nama pemain, julukan, foto, tanda-tangan, inisial, pernyataan, hingga suara pemain.

Tanpa adanya kontrak khusus soal kesepakatan hak citra, maka klub tak boleh semena-mena menggunakan atribut yang melekat pada diri pemain tersebut. Misalnya saja, ada aturan ketenagakerjaan yang menyatakan bahwa penggunaan hak citra seorang pemain tidak boleh lebih banyak dari rataan anggota tim inti.

Dengan mengamankan kontrak hak citra Pogba, maka MU bisa memaksimalkan keuntungan dari Pogba sebagai sebuah brand.

Sebagai klub yang dikenal memiliki roda komersial nomor satu di dunia, MU sendiri memiliki sponsor yang ingin memanfaatkan kehadiran Pogba.

Dicatatkan The Mirror pada Februari lalu, MU saat ini terikat kerja sama dengan setidaknya 70 mitra komersial. Angka ini jauh melebihi klub-klub Inggris lainnya, seperti Arsenal yang hanya memiliki 28 mitra komersial, sementara Chelsea 24 mitra, dan Liverpool 23 mitra.

Klub yang sekota dengan MU, Manchester City, bahkan hanya memiliki 17 mitra komersial.

Mulai dari Chevrolet, Epson, 20th Century Fox, hingga Grup Nissin menjadi mitra global MU, sementara kesebelasan itu juga menggandeng berbagai perusahaan lokal di negara yang menjadi pasar bidikannya. Sebagai contoh adalah kerja sama antar MU dengan Danamon dan Archilles di Indonesia.

Salah satu sponsor yang pasti akan memanfaatkan kehadiran Pogba adalah adidas, perusahaan alat olahraga asal Jerman.

Pada pertengahan 2014, MU mendapatkan kontrak £750 miliar dari adidas untuk 10 musim dan menjadikan mereka klub dengan kontrak kostum tim tertinggi di dunia.

Pada Maret lalu, adidas juga sukses mendapatkan tanda-tangan Pogba pada perang tawaran melawan Nike dengan menawarkan kontrak 10 tahun senilai £31 juta.

Sosok Pogba dianggap sebagai bintang masa depan di dunia sepak bola. Pemain tim nasional Perancis itu juga memiliki gaya berpakaian unik dan dikenal sebagai trendsetter.

 

(CNN INDONESIA.com)