oleh

Fakta-fakta Menarik Usai MotoGP Ceko

-Olahraga-10 views

SALISMA.COM (SC), JAKARTA – MotoGP Republik Ceko di Sirkuit Brno, Minggu (21/8), menciptakan sejarah baru menyusul kemenangan yang diraih pebalap LCR Honda Cal Crutchlow. Fakta apa saja yang tercipta usai balapan di Brno.

Fakta pertama adalah, keberhasilan Crutchlow meraih kemenangan di MotoGP Ceko membuat mantan pebalap Ducati dan Yamaha itu menjadi orang Inggris pertama dalam 35 tahun terakhir yang mampu meraih kemenangan di kelas primer Grand Prix.

Adalah Barry Sheene, pada 16 Agustus 1981, pebalap terakhir asal Inggris sebelum Crutchlow yang mampu meraih kemenangan kelas primer Grand Prix. Kemenangan itu direbut Sheene di GP Swedia. Menariknya Crutchlow juga menggunakan nomor 35 untuk balapan.

Bagi Crutchlow, ini adalah kemenangan pertamanya di kelas MotoGP sejak kali pertama berkarier di seri tersebut pada 2011. Crutchlow menjadi pebalap tim independen kedua setelah Jack Miller (Marc VDS) yang mampu meraih kemenangan di MotoGP musim ini.

Total ada tiga pebalap yang meraih kemenangan perdana di MotoGP musim ini. Selain Crutchlow dan Miller, ada pebalap Ducati Andrea Iannone yang meraih kemenangan di MotoGP Austria.

LCR Honda pun meraih kemenangan pertamanya di MotoGP. Tim yang didirikan mantan pebalap asal Italia Lucio Cecchinello pada 1996 itu sudah tampil di MotoGP sejak 2006.

Fakta lainnya adalah, terjadi perubahan di klasemen sementara MotoGP 2016. Valentino Rossi yang finis di posisi kedua, sukses menggeser posisi rekan setimnya di Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo, di posisi kedua klasemen.

Rossi saat ini mengoleksi 144 poin, unggul enam poin atas Lorenzo dan tertinggal 53 poin dari pebalap Repsol Honda Marc Marquez yang finis di posisi ketiga.

Bagi Lorenzo hasil di MotoGP Ceko sangatlah buruk. Pebalap asal Spanyol itu untuk kali pertama musim ini gagal mendapatkan poin meski mampu mengakhiri balapan setelah finis di posisi ke-17.

 

(CNN INDONESIA.com)