oleh

Ronaldo: Zidane Kunci Kebangkitan Madrid

SALISMA.COM (SC), JAKARTA РPenyerang Real Madrid Cristiano Ronaldo, tak langsung dimainkan pada laga perdana Los Blancos di La Liga Spanyol musim ini, Minggu (21/8) waktu setempat. Ronaldo masih harus menjalani masa-masa pemulihan setelah membawa Portugal juara Piala Eropa 2016, 10 Juli lalu.

Meski tanpa Ronaldo, El Real mampu mengawali laga La Liga dengan kemenangan meyakinkan. Skuat arahan Zinedine Zidane itu menalukkan tuan rumah Real Sociedad 3-0.

Ronaldo pun kembali menyebut Zidane sebagai sosok penting di balik sukses El Real. CR7, julukan atlet terkaya di dunia itu, menilai Zidane sebagai kunci penting kebangkitan Madrid.

“Banyak aspek dari tim ini (Madrid) mengalami kemajuan dengan kedatangan Zidane,” ujar Ronaldo seperti dikutip dari AS.com.

“Kami tak memulai musim (lalu) dengan bagus atau tak bisa memulainya sesuai harapan kami, tapi mampu mengakhirinya dengan baik. Itu merupakan kuncinya musim lalu.”

Salah satu dampak besar yang dirasakan Ronaldo dengan keberadaan Zidane adalah kepercayaan diri para pemain meningkat tajam. Hasil dari peningkatan itu salah satunya dengan menjuarai Liga Champions musim lalu.

Disela masa pemulihannya, Ronaldo juga sedang menanti gelar pertamanya mengawali musim ini. Penyerang berusia 31 tahun itu satu dari tiga nomine pemain terbaik Eropa tahun ini versi UEFA.

Dua nama lainnya, yakni Gareth Bale dan Antoine Griezmann, masuk dalam tiga besar kandidat pemain terbaik terbaik Eropa.

“Saya melihatnya sebagai sebuah privilese. Penghargaan ini sudah tidak asing lagi bagi saya,” ujar Ronaldo.

“Kalau tidak salah, saya sudah tiga kali masuk nominasi dari empat edisi sehingga ini sebuah kehormatan.”

Menurutnya, itu merupakan tanda dari musim yang hebat di level individu dan kolektif.

“Dengan Real Madrid menjuarai Liga Champions, jelas sekali ini momen yang sangat indah sepanjang karier dan saya sangat bahagia,” tutur Ronaldo.

 

(CNN INDONESIA.com)