oleh

PKS Akhirnya Ikhlas Kursi Ketua MKD Diambil Gerindra

-News-9 views

SALISMA.COM (SC), JAKARTA – Kisruh terkait jabatan ketua Mahkamah Kehormatan Dewan DPR tampaknya reda. PKS yang sebelumnya ngotot merasa berhak atas kursi ketua, akhirnya mengikhlaskan posisi tersebut jatuh ke Gerindra.

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid mengatakan, pihaknya menghormati komposisi pimpinan MKD yang baru. ”Realitanya saat ini pimpinan DPR sudah melantik pimpinan MKD yang di saat itu posisi PKS tidak ada. Dan kami sudah mengirim Pak Tubagus Soemanjaya di MKD, meski jabatannya hanya sebagai anggota,” kata Hidayat kepada INDOPOS, Minggu (28/8).

Hidayat menyatakan, untuk saat ini PKS hanya menunggu komitmen pimpinan MKD yang baru di bawah kendali politisi Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. PKS berharap Dasco mengambil langkah-langkah untuk menguatkan MKD.

Wakil Ketua MPR RI ini juga meminta komitmen penguatan MKD oleh pimpinan DPR RI yang rencananya akan dilakukan melalui revisi Undang-Undang No 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD atau UU MD3. ”Harus ada penguatan MKD. Dan PKS mendukung hal itu. Khususnya rencana revisi UU MD3 agar pimpinan nanti berjumlah 5 atau ganjil,” harapnya.

Hal senada juga diucapkan oleh Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini. Ia dengan singkat menyatakan bahwa saat ini posisi PKS ingin ada penguatan di MKD. PKS pun menyerahkan urusan internal MKD ke Soemanjaya.

”Ya saat ini kita tempatkan Pak Soemanjaya. Namun untuk lebih lengkapnya soal di internal MKD bisa langsung hubungi beliau (Soemanjaya),” singkatnya.

 

(JPNN.com)