oleh

20 Hot Spot Terpantau di Riau

-News-7 views

SALIMSA.COM, PEKANBARU – Kabut asap masih membanyangi Provinsi Riau, khususnya Kota Pekanbaru. Akibat dari kabut asap tersebut, kini masyarakat yang melakukan aktivitas diluar rumah harus waspada dengan kondisi kesehatan.

Pantauan dilapangan, papan Indek Standar Pencemaran Udara (ISPU) yang terletak di perempatan lampu merah SKA menunjukkan angka sedang.

Berdasarkan data dari dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru, Senin (27/7/2015) pagi, Jarak pandang di Pekanbaru pada pagi hari hanya berjarak 2 KM saja.

“Meski kondisi cuaca di wilayah Riau cerah berawan, dengan disertai kabut asap tipis yang muncul pada pagi dan malam hari, masyarakat diminta untuk tetap waspada terhadap kondisi kesehatan mereka,” Kepala Stasiun BMKG Pekanbaru Sugarin.

Munculnya Kabut asap di Pekanbaru ini merupakan dampak dari kebakaran lahan dan hutan di Riau. pantauan BMKG melalui satelit Terra dan Aqua mendeteksi 48 titik panas di wilayah Sumatera, dengan rincian Jambi tujuh titik panas, Sumsel 14 titik panas, Bangka Belitung dua titik panas, dan terbanyak di Riau dengan 25 titik panas

Di Bengkalis ada tiga titik panas, Dumai dua titik panas, Pelalawan satu titik panas, Inhil 12 titik panas, dan Inhu dengan tujuh titik panas. “Untuk titik api, kita hitung sekitar 20 titik, yakni di Bengkalis ada tiga, Dumai ada satu, Inhil 11, dan Inhu lima titik api,” katanya.