oleh

Ini Program Pemerintah untuk Tingkatkan Kompetensi Guru

-Lifestyle-111 views

SALISMA.COM (SC), JAKARTA – Kesempatan menarik bagi guru maupun kepala sekolah untuk meningkatkan kompetensinya. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melaksanakan Program Guru, Kepala sekolah, dan Pengawas Sekolah Pembelajar.

Program tersebut menurut Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud Sumarna Surapranata, untuk meningkatkan kompetensi guru, kepsek, dan pengawas sekolah, baik yang sudah maupun belum memiliki sertifikat pendidik

“Pelaksanaannya didasarkan pada peta kompetensi yang diperoleh dari hasil Uji Kompetensi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah di seluruh Indonesia,” ujar Pranata, sapaan akrabnya, Kamis (15/9).

Dari peta kompetensi tersebut, lanjutnya, bisa diketahui kondisi objektifnya saat ini dan kebutuhan peningkatan kompetensi.

Kegiatan program guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah pembelajar dilaksanakan melalui tiga moda, yakni tatap muka, moda dalam jejaring (daring) penuh, dan moda daring kombinasi antara tatap muka dengan daring.

“Pengembangan materi, infrastruktur pendukung program, pelaksana pelatihan dilakukan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan,” terangnya.

 

(JPNN.com)