oleh

Boston Gagal Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2024

-Olahraga-15 views

SALISMA.COM – Boston sudah dipastikan gagal menjadi tuan rumah Olimpiade 2024. Salah satu kota di Amerika Serikat itu menarik diri dari pencalonan setelah tidak mendapatkan dukungan dari publik.

Dengan penarikan diri ini, Komite Olimpiade AS (USOC) akan membuka pencalonan terhadap kota lainnya di Negeri Paman Sam itu. Pihak USOC sendiri belum menentukan pilihan terhadap kota lain. Meski begitu Los Angeles dikabarkan tertarik untuk menjadi tuan rumah pergelaran olah raga akbar sedunia itu.

Pengunduran diri Boston ini begitu mengejutkan. Pasalnya, kota ini sebelumnya berhasil mengalahkan Los Angeles, San Francisco dan Washington. Belakangan Wali Kota Boston, Martin Walsh mengatakan mereka tidak siap untuk membayar pajak dan membayar kelebihan dari acara yang menyedot perhatian dunia itu.

Hal yang membuat Boston akhirnya menarik diri adalah tidak adanya dukungan dari warga setempat. Itu diketahui dari jajak pendapat. Ketua USOC Scott Blackmun mengatakan pihaknya juga tidak mau memaksakan jika warga Boston tidak memberikan dukungan.

“Kami memang tidak mendapatkan dukungan penuh dari warga Boston. Meski begitu pengunduran diri Boston ini tidak lantas membuat Paris, Roma, Hamburg, Budapest atau Toronto bisa memenangkan pemilihan tuan rumah,” kata Blackmun dilansir dari Sindo, Selasa (28/7/2015).

Blackmun menegaskan akan terus berupaya agar warga Boston bisa berubah pikiran untuk memberikan dukungan. “Masih banyak waktu dan dukungan diperlukan untuk menjadi tuan rumah. Kalau pun akhirnya gagal, kami masih mempunyai kota lain.”

Negara Adi Daya itu terakhir kali menjadi tuan rumah olimpiade pada 1996 lalu saat digelar di Antlanta. Di olimpiade musim dingin mereka menjadi tuan rumah saat Salt Lake City menggelarnya pada 2002.