oleh

Pemenang Juara Manglayang Trail Running

-Olahraga-10 views

SALISMA.COM – Siti Maemunah, si pelari wanita berhasil menempuh waktu 2,5 jam melintasi jalan setapak sejauh 21 kilometer di Gunung Manglayang, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat dalam even Manglayang Trail Running.

Di kategori 21 kilometer untuk pria, pelari pertama yang mencapai finish Ruli Tria P dengan waktu tempuh 2 jam, sedangkan kategori 10 kilometer untuk pria oleh Renaldi P dengan waktu 53 menit.

Pencapaian waktu oleh Situ Maemunah terhitung luar biasa mengingat medan yang dilalui peserta cukup berat dengan jalan setapak mengikuti naik turunnya kontur dengan ekstrem hingga diperlukan daya tahan fisik dari 405 pelari dalam ajang yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Mahasiswa Pecinta Alam (PMPA) Palawa Universitas Padjadjaran (Unpad).

“Dengan waktu 2,5 jam dengan jarak tempuh 21 kilometer, tentunya memerlukan daya tahan fisik dan seringnya jam terbang dalam mengikuti kegiatan trail running,” kata Panitia MTR, Bayu Era Sandera.

Peserta harus memulai pergerakan di titik start mulai pukul 06.15 WIB dengan jalan menanjak dari 897 Meter di atas permukaan laut (Mdpl) mencapai titik 1.157 Mdpl, kemudian turun kembali ke 1.021 Mdpl naik kembali ke 1.250 Mdpl.

Jalan setapak mulai menurun sampai 1.025 Mdpl dan menanjak kembali ke ketinggian 1.280 Mdpl selanjutnya turun ke titik 1.021 Mdpl.

“Kalau melihat alur jalan setapak pada kategori 21 kilometer harus melintasi tiga titik ketinggian,” katanya.

Selain itu, lintasannya cukup berat dengan melintasi jalan setapak tipis dengan di kanan kirinya hutan bambu serta semak-semak serta melintasi sungai kecil.

“Jika dihitung pencapaian Siti Maemunah itu, maka bisa dikatakan dia bisa melewati jarak 1 kilometer ditempuh dengan waktu 5 menit,” katanya.

Sementara itu, Rektor Unpad, Prof Dr Tri Hanggono Achmad memberikan apresiasi atas diselenggarakannya ajang Manglayang Trail Running karena sekaligus wilayah tersebut dipelihara.

“Kawasan Manglayang merupakan sumber oksigen, apalagi dengan kegiatan tersebut disertai dengan penanaman pohon. Karena itu, saya memberikan apresiasi atas acara ini,” katanya.

(merdeka)