oleh

Kebiasaan Unik Orang Jepang

-Dunia-11 views

SALISMA.COM – Jepang memang negara yang berhasil menyelaraskan antara perkembangan teknologi dan budaya. Akan tetapi ternyata banyak budaya yang membuat orang terkejut ketika berkunjung ke Negeri Samurai tersebut.

Berikut adalah  kebiasaan unik orang Jepang yang tidak banyak orang tahu, seperti dikutip brilio dari businessinsider, Rabu (25/3):

1.Kamu akan kesulitan menemukan angka 4

Jangan kaget jika kamu tidak menemukan angka 4 di tombol lift ketika di Jepang. Bahkan para pedagang juga tidak melabeli harga mereka dengan menggunakan angka ini. Alasannya adalah angka 4 itu sangat mirip dengan kata ‘mati’ dalam bahasa Jepang. Penduduk Jepang juga percaya bahwa angka 4 merupakan lambang ketidakberuntungan. Wajar saja, jika mereka jarang menggunakan angka ini.

2. Bersin di tempat dianggap tidak sopan
Jangan sampai kamu bersin sembarangan ketika di jalan di negara ini. Jika kamu melakukan ini, kamu bisa dianggap melanggar tata krama orang Jepang. Lebih baik kamu bersin di toilet atau tempat-tempat yang tidak terbuka.

3. Jangan sekali-kali memberikan tip
Di negara ini, memberikan tip merupakan tindakan yang tidak sopan. Jika kamu memberikan tip kepada pegawai hotel atau staf lainnya, biasanya mereka akan mengembalikan uang tersebut.

4. Tak masalah makan es krim sambil jalan

Ini merupakan aturan pengecualian. Di Jepang sendiri, ketika kamu makan atau minum sambil jalan merupakan tindakan tidak lumrah dan dianggap tidak sopan. Akan tetapi ini tidak berlaku ketika kamu makan es krim. Jadi kamu bebas makan es krim sambil jalan di Jepang.

5. Siap-siap didorong ketika naik kereta

Jika kamu naik kereta di Jepang, kamu akan merasakan pengalaman yang satu ini. Kamu akan didorong benar-benar masuk ke dalam kereta oleh petugas. Hal ini dilakukan untuk memastikan semua penumpang tidak berada di pintu. Jadi, ketika naik kereta di Negeri Ninja ini jangan sekali-kali berdiri di area pintu.

6. Memberikan bahu kepada penumpang yang tidur
Ini merupakan budaya nyentrik. Jika kamu tertidur di kereta, kamu bisa mempunyai sandaran. Orang Jepang mempunyai toleransi yang tinggi dalam hal ini. Jadi tidak masalah ketika kamu tiba-tiba bersandar dengan orang lain ketika di kereta dalam keadaan tidur.

7.  Sandal khusus untuk kamar mandi
Jika kamu bertamu di salah satu warga Jepang, kamu akan melihat sandal khusus yang hanya dipakai di kamar mandi. Jadi pakailah sandal tersebut ketika ke kamar kecil untuk menghormati tuan rumah.

8. Bawakan hadiah untuk tuan rumah
Ini merupakan kebiasaan yang wajib kamu lakukan ketika bertamu di Jepang. Bungkuslah hadiah tersebut dengan pita yang menarik. Orang Jepang sangat mengapresiasi kado dengan dekorasi yang unik.

9. Jangan menuangkan minuman untuk diri sendiri
Ketika ada jamuan minum teh, jangan pernah menuangkan ke cangkirmu. Hal ini merupakan tindakan tidak sopan di Jepang. Biarkanlah sang tuan rumah yang menuangkan ke dalam cangkirmu.

10. Menyeruput mie merupakan tanda bahwa makanan tersebut enak

Cara gampang mengucapkan terima kasih kepada penjual atau tuan rumah adalah menyeruput mie yang disajikan. Di Jepang, budaya seperti ini merupakan tanda bahwa makanan tersebut enak dan itulah cara mengapresiasinya.

11. Banyak sekali yang menginap di hotel kapsul

Ukuran kamar dalam hotel ini tidak lebih dari ukuran peti mati. Akan tetapi para pengunjung bisa menikmati tidur yang nyenyak. Selain itu, harganya sangat murah, berkisar USD 65 per malam.