Diunduh Hingga Ratusan Juta, Ini Perbedaan PUBG dan Mobile Legend

SALISMA.COM (SC) – Perkembangan industri game di Indonesia mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan dalam beberapa tahun belakangan ini. Penelitian yang dilakukan Unity Technologies mencatat adanya pertumbuhan 32% game mobile di seluruh dunia.

Salah satu game mobile yang terkenal di Indonesia adalah Mobile legend dan PUBG. Di tahun 2018 kedua game ini sangat populer di kalangan gamer atau orang yang suka bermain game.

Keunggulan dan karakter game inilah yang menjadi salah satu pemicu ketertarikan para gamer terhadap games ini.

Jika dilihat dari jumlah pengunduh di play store, jumlah pengunduh game mobile legend lebih banyak dibandingkan PUBG. Jumlah pengunduh game mobile legend adalah 100 juta sedangkan PUBG sekitar 50 juta pengunduh.

Sementara jika dilihat dari lokasi server, bisa dibilang PUBG lebih unggul daripada mobile legend. Hal ini karena lokasi server game PUBG Mobile memang tersebar di beberapa benua. Selain ada di Asia, termasuk yang terbesar di Tiongkok, server game PUBG Mobile juga terdapat di benua Eropa dan Amerika.

Hal ini tentu saja menjadi salah satu kekuatan bagi PUBG jika dibandingkan dengan Mobile Legends yang baru memiliki server di benua Asia saja, khususnya Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Selanjutnya, berbicara persoalan internal dan eksternal developer keduanya, Salisma.com mengutip darik ekruk.com permasalah banyak sekali dialami oleh pihak dari PUBG.

Satu contoh, banyak pemain asal Tiongkok mengakses server game PUBG di Eropa dan Amerika secara ilegal. Akses ilegal tersebut karena para pemain melihat iklan dalam game untuk layanan VPN. Persoalan lain pun muncul dalam hubungan antardeveloper.

Epic Games sebagai pengembang game Fortnite diyakini telah melakukan tindakan plagiarisme atas ide konsep permainan PUBG Mobile. Banyak sekali kemiripan antarkedua game tersebut. Hingga kini, kelanjutan kasus ini juga masih belum jelas.

Berbeda dengan persoalan yang dihadapi PUBG, pihak pengembang Mobile Legends masih hanya berkutat soal strategi pemasaran. Dengan kata lain, Mobile Legends masih terus fokus menambah jumlah pemain dalam skala yang jauh lebih kecil dibandingkan PUBG Mobile.

Saat Salisma.com bertanya tentang kedua games ini kepada beberapa orang secara acak, Jimmy, salah seorang mahasiswa UIN Suska Riau mengaku lebih memilih bermain mobile legend ketimbang PUBG. Menurutnya, mobile legend memlikigambar yang lebih hidup.

“ Ya, saya lebih memilih mobile legend. Karena kontrol gamenya mudah, gambar pada game ini terlihat keren dan 3D,” ungkapnya saat di wawancarai Salisma.com, Jumat (21/9/2018).

Lain halnya yang disampaikan oleh Joko, Mahasiswa UIN ini justru lebih memilih bermain PUBG.

“Bermain PUBG. Karena saya orangnya suka petualangan apalagi di game ini sangat mudah untuk mengupgrade senjata dan banyak bonus yang diberikan,” ujarnya.

Nah, itu dia sedikit perbedaan antara game online PUBG dan Mobile Legend. Kalau kamu biasanya lebih suka main yang man?

Eiits, tapi jangan keseringan dan sampai kebablasan ya main games-nya. Agar tetap sehat dan pekerjaan lainnya dapat terselesaikan dengan baik juga pastinya. (Smg2)