Tempat Singgah Sultan, Rumah Tuan Kadi jadi Objek Wisata di Pekanbaru

SALISMA.COM (SC) – Tidak banyak orang tahu, rumah Tuan Kadi dapat menjadi objek wisata Pekanbaru yang patut dikunjungi. Lokasi objek wisata ini berada di tepi Sungai Siak, tepatnya di Kampung Bandar, Senapelan, Kota Pekanbaru.

Pantauan salisma.com, Kamis (11/10/2018), posisi rumah Tuan Kadi ini strategis. Berada di tepi Sungai Siak, tepatnya di bawah jembatan Leton Siak lll, menambah keunikan rumah ini.

Ditemui Salisma.com, Dayat selaku juru rawat rumah Tuan Kadi mengatakan, rumah panggung kayu berbentuk limas ini dulunya berfungsi sebagai rumah singgah bagi Sultan Siak Sri Indrapura apabila berkunjung ke Senapelan Pekanbaru.

“Sekarang banyak wisatawan lokal seperti dari Taluk Kuantan, Bangkinang dan Kota Pekanbaru sendiri yang mampir ke sini. Dari wisatawan mancanegara, negara Malaysia yang banyak mengunjungi juga, karena memiliki kesamaan budaya,” ungkapnya.

Rumah panggung itu, menghadap ke arah Timur, dan dilengkapi dengan jenjang tangga di pintu bagian depan. Persis di depan pintu masuk, terdapat sebuah bak batu. “Di sinilah dulu para tamu termasuk sultan mencuci kaki dan tangan sebelum naik ke rumah,” sambung dayat.

Dari cerita dayat, rumah Tuan Kadi seperti memanjang dan besar dengan jendela dan lekuk-lekuk bangunan yang berbeda. Jendelanya berada di sisi timur dan barat. Pengunjung juga sering menjadikan bagian samping rumah ini sebagai latar belakang untuk berfoto.

Selaku juru rawat, Dayat berharap pemerintah dapat lebih meningkatkan fasilitas rumah ini. “Seperti parkir motor dan mobil, serta peremajaan bangunan yang sudah tua agar bangunan yang sudah tua tidak mudah lapuk,” pungkasnya. (Smg1)