Rupat, Pulau Kecil yang Penuh Pesona

SALISMA.COM (SC) – Rupat merupakan pulau kecil di Kabupaten Bengkalis yang memiliki pesona keindahan pada pantainya. Disana banyak terdapat pantai, tepatnya terletak di daerah Rupat Utara.

Dulu sebelum terkenal seperti sekarang, tidak banyak wisatawan yang datang dan berkunjung untuk melihat pesona pantai. Salah satu alasannya yaitu kurangnya peran pemerintah untuk mempromosikan pantai, serta kurangnya transportasi yang memadai untuk sampai ke Rupat. Hanya masyarakat setempat yang datang untuk sekedar bersantai dan menghilangkan penat setelah seharian bekerja.

Untuk sampai di pantai itu, dibutuhkan waktu sekitar 2-3 jam dari Pelabuhan Roro Rupat. Di perjalan kita akan menjumpai masyarakat Suku Sakai yang kini sudah mulai membuka diri dengan masyarakat sekitar. Jalan untuk menuju ke pantai cukup bagus, hanya beberapa lokasi saja yang masih belum di aspal, karena waktu pembangunan jalan tersangkut masalah korupsi sehingga jalan terbengkalai.

Banyak pantai di Rupat yang cukup terkenal yaitu Pantai Lapin, Pantai Tiang Api dan Pantai Ketapang yang masing- masing mempunyai daya tarik tersendiri.

Dinamakan pantai tiang api karena disana ada dua buah Mercusuar yang menghadap ke laut. Jika kita naik keatas mercusuar, kita bisa melihat pemandangan dari atas dan jika cuaca bagus kita bisa melihat malaysia dari kejauhan. Pantai ini sangat luas. Dulu kita bisa membawa motor turun ke Pantai dan pergi ke Pantai lainnya, tapi sekarang itu tidak diperbolehkan karena bisa membahayakan keselamatan wisatawan. Banyak wahana bermain di sekitaran pantai, seperti banana boat dan juga delman. Kita bisa naik delman untuk menyusuri pantai yang dibandrol harga 10.000/orang.

Yang tak kalah menarik yaitu adanya pulau beting aceh yang juga terletak di Rupat Utara. Beting aceh ini adalah pulau terluar di Indonesia yang berbatasan langsung dengan selat malaka. Pulau ini tidak berpenghuni dengan luas sekitar 2 hektar.

Hamparan pasir putih yang membentang di antara laut yang berwarna kebiruan. Jika kita menyentuh dan menginjak pasir ini akan mengeluarkan suara berderik. Orang-orang juga menyebutnya pantai berbisik.

Jika ingin kesana kita wajib menyewa boad untuk kesana dengan dibandrol harga sekitar 1.500.000 untuk perjalanan pulang pergi dari Teluk Rhu ke Beting Aceh. Lumayan mahal memang tapi tidak rugi jika sudah sampai disana. kita akan dimanjakan dengan pemandangan yang cantik. (bpc)