oleh

Bahasa Indonesia Menjadi Mata Kuliah Bahasa Asing

-Dunia-5 views

SALISMA.COM – Mulai tahun ajaran baru Agustus 2016, Bahasa Indonesia menjadi salah satu mata kuliah bahasa asing pilihan bagi para mahasiswa di Turun Yliopisto (Universitas Turku) Finlandia. Kesepakatan tersebut disampaikan Rektor Universitas Turku, Profesor Kalervo Vaananen dalam pertemuan dengan Dubes RI Helsinki, Elias Ginting, di Turku.

Seperti yang dilansir merdeka, Rektor Vaananen secara khusus mengundang Dubes Elias Ginting, untuk membahas rencana pengajaran Bahasa Indonesia tersebut mengingat semakin meningkatnya minat masyarakat Finlandia untuk mempelajari bahasa Indonesia sebagai salah satu bahasa yang digunakan oleh kurang lebih 320 juta penutur di dunia.

Menurut Direktur Pusat Bahasa Universitas Turku, Mike Nelson, yang turut mendampingi Rektor Vaananen dalam pertemuan tersebut, Bahasa Indonesia akan ditawarkan kepada mahasiswa di Universitas Turku sebagai mata kuliah bahasa asing pilihan bersama-sama dengan bahasa asing lain seperti Bahasa Spanyol, Prancis, Jerman, Jepang, Tiongkok/China dan Rusia.

Keinginan Universitas Turku tersebut ditanggapi dengan baik oleh Dubes RI Helsinki, yang juga menyatakan kesediaannya untuk turut memfasilitasi tenaga pengajar dan bahan ajar untuk pembukaan mata kuliah baru tersebut. Pengajaran bahasa Indonesia di Universitas Turku dipandang sebagai upaya yang sangat strategis untuk semakin memperkenalkan Indonesia di kalangan masyarakat Finlandia terutama para mahasiswa.

Universitas Turku merupakan salah satu perguruan tinggi tertua di Finlandia dengan jumlah mahasiswa sebanyak 25.000 orang dan mahasiswa internasional sekitar 1.000 orang. Pengajaran mata kuliah bahasa Indonesia sebagai mata kuliah bahasa asing pilihan di Universitas Turku akan merupakan yang pertama kali diadakan di Finlandia.

Bangsa Indonesia patut berbangga bahwa filosofi pendidikan milik Ki Hajar Dewantara dipraktikkan di sekolah-sekolah Finlandia. Sistem tersebut dipakai Finlandia sejak mereformasi sistem pendidikannya selama 20 tahun.

“Negeri lain pun menengok masalahnya kita jadi kita pun harus melakukan perubahan. Seperti negara Finlandia melakukan perubahan dunia pendidikan selama 20 tahun sejak awal tahun 1980 sampai tahun 2000,” kata Menbud Dikdasmen, Anies Baswedan saat memberikan penjelasan kepada Kepala Dinas Pendidikan se-Indonesia di Kantor Kemdikbud, Senayan, Jakarta Senin (1/12).

“Filosofi Ki Hajar Dewantara di sana dipraktikkan,” imbuh Anies