Disdukcapil Pekanbaru Sudah Terbitkan Ribuan Suket Menjelang Pelaksanaan Pemilu

PEKANBARU – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru telah menerbitkan ribuan Surat Keterangan (Suket) pengganti KTP elektronik atau KTP-el di Kota Pekanbaru menjelang pelaksanaan Pemilu serentak 17 April 2019.

Menurut Kepala Disdukcapil Kota Pekanbaru, Irma Novrita, ternyata masyarakat cukup antusias mengurus suket. Bahkan jumlah pemohon suket di kantor dinas setiap harinya mencapai 150 orang.

“Penerbitan suket setiap bulannya lebih dari 2.000 lembar. Bahkan, jumlah penerbitan suket pada Januari 2019 mencapai 2.826 lembar. Kemudian penerbitan suket pada Februari 2019 mencapai 2.812 lembar. Bulan Maret 3.563 lembar dan April sebanyak 1.340 lembar,” kata Irma.

Sebelumnya, meski Disdukcapil Kota Pekanbaru telah mendistribusikan 35.462 ribu keping Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik ke masyarakat, akan tetapi masih ada sekitar 2.000-an KTP yang belum dicetak.

“Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April mendatang, 2.000-an KTP milik masyarakat Pekanbaru belum dicetak. Itu yang dilaporkan Kadisdukcapil ke saya,” kata Wako Pekanbaru Firdaus.

Untuk itu Wako menyarankan bagi masyarakat yang belum memiliki KTP untuk tetap mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) saat Pemilu mendatang dan menggunakan Surat Keterangan (Suket) untuk memilih.

” Satu suara yang kita miliki sangat berguna dan menentukan untuk lima tahun depan,” kata Wako.***/mcr

Share