oleh

Ini Dia Desa Wisata, Nagari Saribu Rumah Gadang

-Travel-12 views

SALISMA.COM (SC) – Ranah minang kabau memang terkenal dengan makanannya yaitu rendang, selain itu, Sumatera Barat juga sangat terkenal dengan rumah gadang. Belum lama ini, diresmikannya sebuah desa wisata, Nagari Seribu Rumah Gadang.

Perkampungan yang terletak di Solok Selatan ini sangat unik karena pengunjung hanya akan menjumpai barisan rumah gadang di sepanjang desa. Selain melihat bentuk dan arsitektur atap bagonjong, wisatawan akan diajak untuk merasakan tinggal sejenak di dalamnya.

 

Pada umumnya, rumah gadang hanya dijadikan sebagai simbol dan tempat berkumpul setahun sekali. Tapi di desa wisata ini, rumah gadang dijadikan tempat tinggal sehari-hari.

“Pengunjung bisa menyaksikan upacara adat yang mereka gelar, ada tari-tariannya juga,” ungkap Adrian Darmawan, selaku perwakilan dari Sianok Travel.

Dibutuhkan perjalanan sekitar 3-4 jam untuk menuju ke daerah Solok Selatan. Bagi para pengunjung yang datang perseorangan tidak akan dipungut biaya untuk memasuki perkampungan ini. Tapi pada umumnya dari biro perjalanan akan memasang tarif sebesar 20 ribu rupiah per orang.

“Nanti bisa ikut malukah baluik atau menangkap belut di sawah. Kemudian belajar randai salah satu seni tradisional Minangkabau,” imbuh Adrian saat dijumpai di Indonesia Travel Fair, seperti yang dilansir dream.

Wisatawan juga akan diajak merasakan pengalaman memasak  rendang dan pangek pisang yang langsung di masak di dapur rumah gadang.

“Salah satu upacara adat yang digelar itu Naik Rumah Gadang sebagai prosesi pengangkatan datuk. Akan ada musyawarah warga dan berbalas pantun di dalamnya,” tutup Adrian.

Ini bisa jadi pilihan tempat liburan akhir tahun bersama keluarga anda.

(dream)