oleh

Ditemukannya Salamender Raksasa Usia 2 Abad

-Dunia-10 views

SALISMA.COM (SC) – Baru-baru ini seekor salamander, sejenis hewan amfibi. Salamander raksasa sepanjang 1,4 meter itu memiliki berat lebih dari 45 kilogram ditemukan di sebuah gua Chongqing, Tiongkok.

Salamander raksasa Tiongkok merupakan hewan amfibi terbesar di dunia dan kerap disebut dengan fosil hidup karena garis keturunan leluhurnya yang membentang hingga jutaan tahun. Namun, karena diburu dan perusakan habitatnya, hewan ini hampir punah di alam liar.

International Union for Conservation of Nature pun sudah mendaftarkan hewan terancam punah, dalam 45 tahun jumlah spesies ini telah menurun hingga 80 persen.

Menurut laporan media setempat, salamander ditemukan oleh seorang nelayan di sebuah gua.  Kepada Mother Nature Network, ia mengatakan telah menginjak sesuatu yang “lembek dan licin”, seperti yang dilansir liputan6.

Menurut para ilmuwan, hewan langka itu kemungkinan berusia lebih dari dua abad. Salamander ini diduga lebih tua dari spesiesnya. Termasuk salah satu hewan tertua di Bumi, binatang mirip dengan kadal ini memiliki jangka hidup 80 tahun di alam liar dan 55 tahun dalam penangkaran.

Salamander tersebut kini sudah dipindahkan ke fasilitas penelitian untuk pembelajaran lebih lanjut dan perlindungan.

(liputan6)