oleh

2016 Tukang Las dan Aduk Semen Harus Bersertifikasi

SALISMA.COM (SC), PEKANBARU – Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Provinsi Riau Rasidin Siregar mengatakan tukang las besi dan tukang aduk semen harus memiliki sertifikasi tenaga kerja.

Hal tersebut dilalakukan agar para pekerja di Riau tetap dapat peluang kesempatan dan menguasai lapangan kerja di Riau. Dalam persaingan pasar bebas tahun ini, semua sub sektor menurut Rasidin harus punya standar kerja yang memadai.

“Para tenaga kerja di Riau dianggap paling siap dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia atau MEA. Para tenaga kerja di Riau juga akan tersingkir jika kompetensi atau skil yang mereka punya tidak ada legalitas secara jelas,” katanya.

“Kadang kita kasian juga. Dalam perusahaan itu, masih ada para pekerja kita dengan tamatan memadai justru kalah dibanding tenaga kerja yang sudah punya sertifikasi. Makanya tukang las harus kantongi sertifikasi. Kami akan bantu bagaimana uji kompetensi mereka bisa dilakukan,” katanya.

Selain itu, hingga saat ini Disnaker ternyata belum mempunyak angka pasti jumlah serapan tenaga kerja di Riau. “Kami mengistilahkannya dengan bank data,” sambungnya.

Lewat bank data itu, Disnaker akan bisa melakukan monitoring langsung berapa jumlah tenaga kerja yang sudah diserap industri. (ferry)