oleh

Tahun 2016, Pemko Pekanbaru Kurangi Kuota RLH

-Metro-5 views

SALISMA.COM (SC), PEKANBARU – Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru pada tahun 2016, mengurangi pembangunan Rumah Layak Huni (RLH). Padahal program ini dirasa sangat bersentuhan dengan masyarakat kurang mampu yang masih kesulitan untuk memiliki rumah layak.

Hal itu disampaikan plt Kepala Dinas Cipta Karya Pekanbaru, Zulkifli Harun, Selasa (05/01/2016). “Yang biasanya 250 unit, dengan satu rumah dianggarkan Rp 50 juta per unit dan rumah tepian sungai Rp 60 juta per unit. Untuk tahun ini hanya 100 unit,” katanya.

Zulkifli mengatakan berkurangnya kuota RLH, dikarenakan utang Pemko Pekanbaru yang sudah menumpuk dalam proyek multiyears (MY). “Terpaksalah program unggulan yang benar – benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Pekanbaru ini dikurangi kuotanya,” sebutnya.

Zulkifli juga berkelakar dalam masa empat tahun ini sudah 1.000 unitRLH dibangun di Pekanbaru. “Tak masalah dikurangi, warga miskinpenerimanya juga berkurang,” kilahnya.

Alasan untuk menggesa komplek Perkantoran Tenayan Raya yang katanya untuk pemerataan pembangunan. Namun berimbas kepada masyarakat Pekanbaru yang menantikan rumahnya untuk dipugar, akan ada yang gigit jari karena kuota dikurangi. Sebab anggaran masih diprioritaskan untuk pembangunan Komplek Perkantoran Tenayan Raya. (Dilla)