oleh

Tangis Erdogan Pecah di Pemakaman Sahabat Korban Kudeta

SALISMA.COM (SC), ANKARA – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menangis di masjid Istanbul saat menghadiri pemakaman Erol Olcak. Pria yang ada terbaring kaku adalah sahabat lamanya. Olcak tewas bersama anak lelakinya saat menjadi korban kudeta militer pada Jumat malam, 14 Juli 2016 waktu setempat.

Olcak merupakan satu dari 290 pendukung Erdogan yang tewas ditembak militer di malam kudeta berdarah tersebut. Erdogan kemudian berjanji akan membersihkan negara Turki dari para pembangkang, setelah penangkapan sedikitnya 6.000 orang pendukung kudeta, termasuk 29 jenderal tinggi negara itu.

“Kita berbaris di kafan pemakaman kita, dan kita akan tangani para pembunuh ini, para pemuja ini, pengikut-pengikut Fethullah (Gulen),” ujar Erdogan, merujuk para ulama yang dicurigai menjadi dalang kudeta, Fethullah Gulen, dan tinggal di Amerika Serikat.

Pidato Erdogan di pemakaman para korban kudeta sempat terhenti sejenak lantaran ia kembali terisak dan tak mampu menahan emosi. Dia lalu melanjutkan pidatonya dan bersumpah akan membersihkan seluruh institusi Turki dari virus dukungan terhadap Gulen.

Erdogan juga mendesak Amerika Serikat untuk mengekstradisi Gulen, yang telah mendapat suaka politik dari Pensylvania. Gulen membantah dirinya terlibat dalam kudeta tersebut.

Di luar Masjid Istanbul, kemarahan Erdogan sejalan dengan perasaan yang diluapkan oleh orang-orang Turki. Mereka berkumpul di lokasi pemakaman para korban dengan membawa bendera Turki dan mengutuk para pembunuh itu. (Dream)